belajar dari nano sistem  

Posted by Muhammad Ihsan Fauzi in

menurut wikipedia Nanoteknologi mencakup pengembangan teknologi dalam skala nanometer, biasanya 0,1 sampai 100 nm (satu nanometer sama dengan seperseribu mikrometer atau sepersejuta milimeter). Istilah ini kadangkala diterapkan ke teknologi sangat kecil.
filosofi darinano tehnologi adalah kita memandang sesuatu tersusun dari tehnologi yang sangat kecil. tetapi tehnologi yang sangat kecil itu sangat berguna. contoh sderhananya adalah HP yang ada disaku kita. HP tersebut tersusun dari banyak sekali IC dan setiap IC mempunyai jutaan cirkuit yang terangkai secara integral. itulah salah satu tehnologi nano, tehnologi yang konsen pada ukuran yang sangat kecil, menggabungkannya dan hal-hal yang kecil tadi berubah menjadi sesuatu yang luar biasa. atau dengan kata lain, sesuatu yang luar biasa tersusun dari hal-hal yang kecil.
kita bisa belajar dari nano tehnologi, kita adalah kumpulan dari hal-hal kecil yang kita lakukan setiap hari. pararigma kita, adalah kumpulan dari lintasan pikiran kita yang terakumulasi bertahun-tahun. dan pengetahuan kita, adalah mozaik dari lembar demi lembar buku yang kita baca, informasi yang kita dengar dan lihat setiap hari.
karakter kita adalah kumpulan dari kebiasan-kebiasaan kita. kebiasaan-kebiasaan kita adalah kumpulan perbuatan yang kita lakuakn berulang-ulang.
perbuatan adalah hasil kemauan yang tidak terbendung lagi, sedangkan kemauan adalah sintesa dari rencana yang kita fikirkan. rencana yang mendalam adalah hasil dari ide yang mengendap. dan ide adalah buah dari lintasan-lintasan pikiran.
sahabat...
apa yang terjadi jika yang terlintas dipikiran kita adalah kesiasiaan. apa yang terjadi jika informasi yang kita serap adalah gosip, berita pembunuhan dan omong kosong.
mari kita belajar dari nanoscience, sebuah filosofi untuk melihat hal-hal besar sebagai kumpulan nano.
mari kita isi waktu kita dengan hal-hal yang bermanfaat, walaupun kecil.
ingat..
jika sejak usia 20 tahun kita hafalkan 1 ayat setiap hari, maka usia 38 tahu kita akan hafal seluruh quran.
jika sejak usia 20 tahun kita menabung 100 rupiah tiap hari , maka usia 38 tahu kita akan mempunyai uang jutaan.
jika sejak usia 20 tahun kita baca buku 1 jam setiap hari, maka usia 38 tahu kita akan mempunyai banyak sekali ilmu.
wallahu a'lam bishawab.

This entry was posted on 27 Nov 2008 at 8:24:00 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar