metode NLP untuk menghafal al quran  

Posted by Muhammad Ihsan Fauzi

metode NLP untuk menghafal al quran
salah satu yang bisa digunakan dalam menghafal adalah metode repetition. metode repetition sudah digunakan selama berabad-abad oleh para hafidz (penghafal alquran). metode ini dikenal dengan nama murajaah (pengulangan. metode murajaah yang terkenal dengan cara mengulang hafalan sebanyak 75 kali. caranya adalah :
1. pilih waktu dan suasana yang tepat. misalnya habis shalat subuh atau habis shalat tahajud. paling enak melakukannya habis shalat tahajud (jam 03.00-04.30) karena udaranya masih sangat segar dan suasananya sepi. atau wakt-waktu yang lain, masing-masing orang memiliki waktu spesial.
2. bagi 1 halaman menjadi 2 atau tiga bagian.
3. Lafaskan ayat Quran dengan tilawah yang nyaman untuk anda, atau anda boleh menggunakan nada tilawah seperti Al Mathrud , Al Ghomidi atau yang lainnya. Dan pertahankan agar cara membaca anda selalu seperti itu.
4. baca 1 ayat sampai benar-benar lancar dilidah, untuk kabanyakan orang, baca minimal 15 kali. untuk orang-orang yang sudah expert biasanya cukup membaca 2-3 kali sudah hafal. untuk para manula atau orang yang belum mahir membaca alquran bisa sampai 25 kali
2. setelah membaca 1 ayat 15 kali, baca ayat selanjutnya sebanyak 15 kali.jangan khawatir kalau ayat itu beu hafal, baca saja ayat selanjutnya.ketika kita membaca ayat selanjutnya, otak mengura kita sudah hafal ayat sebelumnya. sehingga otomatis akan nempel diingatan.
5. setelah membaca ayat kedua 15 kali lanjutkan membaca ayat ketiga sebanyak 15 kali demikian seterusnya sampai sepertiga bagian halaman yang telah kita tentukan.
6. kalau tadi membaca per ayat 15 kali, sekarang baca sepertiga halaman sekaligus sebanyak 15 kali.
7. dengan melakukan langkah 1-7, biasanya kita langsung hafal sepertiga halaman al quran.
8. lakukan cara 1-6 untuk menghafal seertiga halaman kedua dan sepertiga halaman terakhir.
9. setelah membaca 1 halaman penuh, ulangi membaca 1 halaman penuh tersebut sebanyak 15 kali.
10.1 ayat minimal akan dibaca 45 kali yaitu 15 kali saat membaca per ayat, 15 kali saat membaca per bagian dan 15 kali saat membaca perhalaman. untuk pengulangan 25 kali, maka 1 halaman akan diulang sebanyak 75 kali. dengan metode menghafal seperti diatas, insya Allah kita bisa menghafal (sebagian)al quran dengan mudah.


muhammad ihsan fauzi,ssi,m.m

This entry was posted on 22 Agu 2010 at 8:26:00 PM . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

1 komentar

Anonim  

thx

27 Desember 2010 23.30

Posting Komentar