Hadits Qudsi yang indah ...  

Posted by Muhammad Ihsan Fauzi

Hadis Qudsi yang indah sekali. Hadis ini menunjukkan betapa Allah Swt. sangat menyayangi kita, para hamba-Nya. Hanya saja, selama ini kita tidak sadar, bahwa ternyata ada yang menyayangi kita melebihi siapa pun di jagad raya ini. Hadis itu diriwayatkan oleh Ibnu Husain. Berikut hadisnya:

"Demi kemuliaan dan kebesaran-Ku dan juga demi kemurahan dan ketinggian kedudukan-Ku di atas arasy. Aku akan mematahkan harapan orang yang berharap kepada selain Aku dengan kekecewaan. Akan Aku pakaikan kepadanya pakaian kehinaan di mata manusia. Aku singkirkan dia dari dekat-Ku, lalu Kuputuskan hubungan-Ku dengannya.



Mengapa dia berharap kepada selain Aku ketika dirinya sedang berada dalam kesulitan? Padahal sesungguhnya kesulitan itu berada di tangan-Ku dan hanya Aku yang dapat menyingkirkannya? Mengapa dia berharap kepada selain Aku dengan mengetuk pintu-pintu lain padahal pintu-pintu itu tertutup? Padahal, hanya pintu-Ku yang terbuka bagi siapa pun yang berdoa memohon pertolongan dari-Ku.



Siapakah yang pernah mengharapkan Aku untuk menghalau kesulitannya lalu Aku kecewakan? Siapakah yang pernah mengharapkan Aku karena dosa-dosanya yang besar, lalu Aku putuskan harapannya? Siapakah pula yang pernah mengetuk pintu-Ku lalu tidak Aku bukakan?



Aku telah mengadakan hubungan yang langsung antara Aku dengan angan-angan dan harapan seluruh makhluk-Ku. Akan tetapi, mengapakah mereka malah bersandar kepada selain Aku? Aku telah menyediakan semua harapan hamba-hamba-Ku, tetapi mengapa mereka tidak puas dengan perlindungan-Ku?



Dan Aku pun telah memenuhi langit-Ku dengan para malaikat yang tiada pernah jemu bertasbih pada-Ku, lalu Aku perintahkan mereka supaya tidak menutup pintu antara Aku dan hamba-hamba-Ku. Akan tetapi, mengapa mereka tidak percaya kepada kata-kata-Ku?



Tidakkah mereka mengetahui bahwa siapa pun yang ditimpa oleh bencana yang Aku turunkan, tiada yang dapat menyingkirkannya kecuali Aku? Akan tetapi, mengapa Aku melihat mereka, dengan segala angan-angan dan harapannya itu, selalu berpaling dari-Ku? Mengapakah mereka sampai tertipu oleh selain Aku?



Aku telah memberikan kepadanya segala kemurahan-Ku apa-apa yang tidak sampai harus mereka minta. Ketika semua itu Aku cabut kembali darinya, lalu mengapa mereka tidak lagi memintanya kepada-Ku untuk segera mengembalikannya. Tetapi malah meminta pertolongan kepada selain Aku?



Apakah Aku yang memberi sebelum diminta, lalu ketika dimintai tidak Aku berikan? Apakah Aku ini bakhil, sehingga dianggap bakhil oleh hamba-Ku? Tidakkah dunia dan akhirat itu semuanya milik-Ku? Tidakkah semua rahmat dan karunia itu berada di tangan-Ku? Tidakkah dermawan dan kemurahan itu adalah sifat-Ku?



Tidakkah hanya Aku tempat bermuaranya semua harapan? Dengan demikian, siapakah yang dapat memutuskannya dari-Ku?



Apa pula yang diharapkan oleh orang-orang yang berharap, andaikan Aku berkata kepada semua penduduk langit dan bumi, ‘Mintalah kepada-Ku! Aku pun lalu memberikan kepada setiap orang, apa saja yang mereka inginkan.



Dan semua yang Kuberikan itu tidak akan mengurangi kekayaan-Ku meskipun sebesar debu. Bagaimana mungkin kekayaan yang begitu sempurna akan berkurang, sedangkan Aku mengawasinya?

Sungguh alangkah celaka orang-orang yang terputus dari rahmat-Ku. Alangkah kecewanya orang-orang yang berlaku maksiat kepada-Ku dan tidak memerhatikan Aku dan tetap melakukan perbuatan-perbuatan yang haram seraya tiada malu kepada-Ku "





dari Ibn Husain dan diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Imam Muslim & At-Tirmidzi serta Ibn Hibban}

This entry was posted on 7 Sep 2009 at 4:33:00 PM . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

4 komentar

Yaa Allah yang Maha Mulia,yang Maha Tinggi, Yang sempurna kemuliaanyya ...
Hambamu yang lemah ini hanya menggantungkan harapan kepada-MU
Yaa Shomad..
Sesungguhnya kesulitan ada ditangan Mu dan Hanya Engkaulah yang dapat menyingkirkannya ..
Yaa Kariim..
Hamba Mu mengetuk pintu-Mu seraya bersimpuh, berdoa memohon pertolongan ..
Tolong lah HambaMu ini Yaa rabb...

Yaa Allah...
Hanya kepada Mu lah kami berharap..
Kepada Mu lah kami memohon ampun atas dosa dan kemaksiatan kami..

Yaa Ghafar..
Engkau telah memberi banyak sekali nikmat kepada kami, sedang kami bermaksiat tanpa malu-malu dengan nikmat yang Engkau titipkan kepada kami..

Ampuni dosa kami..
kalau Engkau tidak berkenan mengampuni, maka kepada siapa lagi kami memohon ampun ...

Yaa Allah..
Engkaulah pemilik semesta alam..
Engkaulah yang menggenggam dan mengatur semua urusan..
tiada pernah mengecewakan harapan makhluk-Mu yang lemah ini..
tiada pernah menutup pintu rahmat-Mu ..
Engkau Maha Pengampun, Maha Penerima Taubat ...


Wahai Rabb pemilik malaikat yang memenuhi langit..
Wahai Rabb yang mempunyai kehendak untuk menurunkan bencana dan menolaknya ..
Wahai Yang maha Pemurah, Yang Memberi tanpa diminta..
Wahai Pemilik dunia dan akhirat ..
Wahai Rabb Yang Sempurna KekayaanNya ..

Kepada-Mu lah hamba menggantungkan harapan ..
Kepada-Mu lah hamba meminta ..
Tambahkan lah kenikmatan pada hamba..
Berikanlah hamba kebaikan di dunia dan akhirat ..
Ampunilah kemaksiatan dan dosa hamba..

Wahai Yang Maha Pemurah ..

12 September 2009 pukul 06.09

IJIN SHARE...

7 Juli 2013 pukul 11.13

IJIN SHARE...

7 Juli 2013 pukul 11.14

IJIN SHARE

7 Juli 2013 pukul 11.14

Posting Komentar